• Kesenian Khas Lombok yang Akan Ditemukan Di Desa Wisata Lombok

    Lombok memang selalu hadir dengan beragam cerita. Cerita tentang alam, cerita tentang budaya, cerita tentang suku sasak bahkan cerita tentang kesenian khas Lombok yang masih lestari bahkan sampai era modern ini. Ya, selain Bali, Lombok memang menjadi salah satu pulau unik yang masih melestarikan unsur – unsur budaya didalamnya. Karena itu juga tak sulit bagi Lombok untuk menarik minat wisatawan bahkan sampai wisatawan mancanegara sekalipun.

    Kalau Anda mau tahu tentang kesenian khas Lombok ini, Anda dapat berkunjung ke beberapa desa wisata Lombok yang sangat populer karena disanalah Anda akan dapat menyaksikan kesenian khas Lombok yang dipertontonkan. Lantas kesenian khas Lombok apa saja sih sebenarnya yang sampai saat ini masih dilestarikan dan dapat kita saksikan disana? Berikut informasi lengkapnya, yuk cek informasinya 
    Kesenian Khas Lombok yang Akan Ditemukan Di Desa Wisata Lombok

    Kesenian gendang beleq

    Kesenian yang satu ini merupakan sebuah alat musik khas yang berada di Pulau Lombok. Kesenian ini terdiri dari sekitar dua buah gendang besar atau yang lebih dikenal dengan sebutan beleq yang disebut – sebut sebagai gendang laki – laki yang juga berfungsi sebagai sebuah pembawa dinamika. Kemudian ada sebuah gendang kecil yang diberi nama kodeq dan ada dua buah reog yang memiliki fungsi sebagai pembawa melodi masing – masing reog mama atau laki dan juga terdiri atas 2 buah nada serta sebuah reog nina atau perempuan.
    Berdasarkan cerita masyarakat Lombok yang beredar sampai sekarang ini, disebutkan bahwa gendang beleq ini dulunya dimainkan ketika memang ada pesta – pesta kerajaan sementara jika ada perang fungsinya akan dijadikan sebagai sebuah komandan perang dan kemudian copeknya memiliki fungsi sebagai prajurit. Jika memang perlu ada raja atau datu yang ikut berperang, nanti disini ada payung agung yang akan digunakan. Dan sekarang ini juga fungsi dari payung ditiru oleh masyarakat bahkan lain daerah Lombok untuk menyelenggarakan pesta pernikahan.

    Gandrung

    Ada juga sebuah kesenian khas Lombok yang memang sangat terkenal dengan penari yang tampak mengenakan kostum khas Lombok berupa kain batik bersama gelungan baju kasonya dengan lengan pendek, berbapang, mengenakan lambe, gonjer dan sebagainya. Mengenai gandrung ini biasanya dipertontonkan untuk masyarakat yang berwisata ke desa wisata Lombok selama kurang lebih 1 jam lamanya. Dan pada masing – masing babak yang menjadi bagian pertunjukan dilakukan kurang lebih selama 10 menit saja. Kalau di Jawa sama seperti ludruk tetapi punya ciri khas tersendiri. Hampir kalau Anda berkunjung ke destinasi wisata yang ada di Lombok, nantinya Anda akan temukan kesenian khas Lombok yang telah membudaya ini. Tapi juga kalau Anda berkunjungnya di waktu yang tepat 

    Presean Lombok

    Tradisi kesenian Lombok yang satu ini memang berkembang di Pulau Lombok dan juga mempertontonkan pertarungan diantara dua petarung yang juga disebut sebagai pepadu yang saling menyerang sampai salah satunya diantara kedua petarung ini meneteskan darah dan dinyatakan kalah. Nantinya para petarung harus menggunakan senjata yang berupa tongkat terbuat dari bahan rotan dan perisai yang terbuat dari bahan kulit binatang.

    Demikian sedikit informasi tentang Kesenian Khas Lombok yang Akan Ditemukan Di Desa Wisata Lombok yang kami dapat berikan untuk Anda. Kunjungi Lombok dan dapatkan banyak keseruan wisata disana.

Leave a comment

If you want to share your opinion, leave a comment.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>