PRESEAN TRADITIONAL LOMBOK

Peresean, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Peresean adalah pertarungan antara dua lelaki yang bersenjatakan tongkat rotan (penjalin) dan berperisai kulit kerbau yang tebal dan keras (perisai disebut ende).Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat suku Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.Peresean termasuk dalam seni tari daerah Lombok.Petarung dalam Peresean biasanya disebut pepadu dan wasit disebut pakembar.
Dahulu Peresean digelar untuk melatih ketangkasan suku Sasak dalam mengusir para penjajah. Latar belakang Peresean adalah pelampiasan emosional para raja pada masa lampau ketika menang dalam perang tanding melawan musuh-musuhnya. Selain itu, dahulu Peresean juga termasuk media yang digunakan oleh para pepadu untuk melatih ketangkasan, ketangguhan, dan keberanian dalam bertanding. Konon, Peresean juga sebagai upacara memohon hujan bagi suku Sasak di musim kemarau. Kini, Peresean digelar untuk menyambut tamu atau wisatawan yang berkunjung ke Lombok.

SALAM KAMI GANDRUNG LOMBOK INDONESIA
#pusatoleholeh# lombok #gandrunglombok #lombok #kaoslombok #souvenirlombok #oleholehlombok #khaslombok #lombokkeren #explorelombok #jalanjalan #pesonalombok #pesonaindonesia #ntb #lombokgandrungindonesia #welovelombokindonesia #apparel #tshirt #tshirtdesign #lombok #sasak #indonesia #jamannow #2018 #kaoslombok #kaos #travel #traveler #traveling #holiday #holidays

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Open chat
Silahkan order product gandrung disini